Makna Kesuksesan yang Sebenarnya



Makna kesuksesan bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Kesuksesan adalah sesuatu hal yang berhasil dicapai dengan doa dan kerja keras. Dalam kehidupan, setiap manusia pasti mengejar kesuksesan, baik itu dalam bidang pendidikan, pekerjaan atau dalam hal yang sedang dibina. Jika seorang manusia sudah bisa mencapai kesuksesannya, maka hidupnya terasa sudah berada pada titik puncak. Namun, jika sudah sukses tidak sedikit orang yang berubah menjadi sombong. Seharusnya, kita harus berpikir ulang jika ingin berbuat sombong karena mengingat bagaimana dulu perjuangan yang dilakukan sangat sulit.

Seseorang tidak akan bisa mendapatkan kesuksesan jika tidak berdoa dan berusaha. Hidup didunia ini harus bisa seimbang, antara mengejar akhirat dan dunia. Karena, pasti semua orang yang hidup didunia akan meninggal dunia. Jika sudah mendapatkan kesuksesan, sebaiknya tetap rendah hati, jangan membuat suatu kesuksesan menjadikan diri Anda manusia yang tidak berkualitas, yaitu manusia yang sombong karena apa yang diperolehnya, karena seharusnya semakin tinggi ilmu seseorang, semakin rendah hatilah dia.

Makna kesuksesan menurut Dr.Haward Gardner

Beberapa tokoh dunia juga memberikan pendapat mereka mengenai makna kesuksesan melalui kata-kata motivasi mereka. Berikut salah satu kata motivasi tokoh dunia tersebut :

Menurut  Dr.Haward Gardner  arti kesuksesan adalah keberhasilan seseorang dalam menemukan potensi keunggulan dirinya untuk bisa menjadi yang terbaik di bidangnya sehingga berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Makna kesuksesan menurut masyarakat umum

Bagi masyarakat pada umumnya, makna dari kesuksesan adalah mendapatkan materi yang berlimpah. Namun, materi yang berlimpah juga tidak menjamin kebahagiaan hidup seseorang. Jika kita mempunyai materi yang berlimpah, kemudian merasa lebih daripada orang lain, akhirnya hal seperti ini menjurus kepada kesombongan. Dalam kehidupan bermasyarakat, ada beberapa profesi yang dianggap sebagai profesi yang terbaik yaitu dokter, pilot, banker dan arsitek. Namun, jika bisa berpikir dengan logika yang baik maka setiap pekerjaan itu semua baik dan tentunya dijalan yang benar. Potensi setiap manusia itu berbeda-beda, sehingga kesuksesan bisa diraih melalui jalur apapun sesuai dengan kemampuan dan hasrat yang kita miliki.

Makna kesuksesan menurut orang yang sukses

Seseorang yang sukses mempunyai definisi tersendiri mengenai makna kesuksesan. Makna dari kesuksesan tersebut adalah bisa mencapai keberhasilan dengan hal yang kita sukai dan tidak dipaksakan. Contohnya, orangtua mendukung anaknya yang berbakat dibidang musik dan tidak memaksakan pada bidang lainnya, agar anak bisa mengeksplor apa yang disukai. Karena hal yang disukai akan dilakukan dengan hati yang ikhlas dan hasilnya pun memuaskan.

Makna kesuksesan dalam menjalani kehidupan

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat juga ada hal yang harus dicapai, agar kehidupan yang kita jalani damai tanpa ada rasa yang mengganggu diri kita untuk menjalankan aktifitas dengan baik. ada beberapa unsur agar kehidupan dalam bermasyarakat kita bisa sukses, berikut penjelasannya :

Selalu bersyukur dengan apa yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Sehingga, kita akan dihindarkan dari sifat yang berprasangka buruk kepada keadaan kemudian membandingkan dengan apa yang dimiliki orang lain.
Tidak iri dengki kepada orang lain. Sifat iri dengki bukanlah sifat yang terpuji. Iri dengki, biasanya menjurus kepada hal yang tidak suka melihat orang lain mempunyai sesuatu atau mendapatkan kebahagiaan. Kembali lagi kepada bersyukur, agar diri kita selalu merasa tenang tanpa memikirkan hidup orang lain.
Melakukan semua hal dengan maksimal untuk diri sendiri, maksudnya kita tidak perlu menoleh kepada kehidupan orang lain yang seperti apa. Sebaiknya, kita fokus pada diri sendiri dan tetap menjadi diri sendiri. Yakinlah pada diri sendiri. Itu kuncinya.

Demikian artikel mengenai makna kesuksesan yang sebenarnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan pernah menyerah dan putus asa dalam menjalani kehidupan ini. Buatlah hari-hari Anda indah dengan meraih kesuksesan dalam versi diri kita.

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa, silakan tulis komentar Anda!