Kenali 9 Gejala Diabetes Kering

Kenali 9 Gejala Diabetes Kering
Apa sajakah gejala diabetes kering? Gejala Diabetes Kering menjadi satu perhatian bagi khalayak publik dari tahun ke tahun prosentase angka kematian akibat diabetes semakin meningkat. Penyakit yang timbul akibat lebihnya kadar gula darah dalam tubuh ini bisa diderita siapa saja tidak hanya orang lanjut usia saja, namun anak-anak dan usia produkti juga bisa terkena. Seperti yang kita ketahui jenis penyakit diabetes terdiri dari diabetes kering dan diabetes basah. Untuk Gejala Diabetes Kering masih sedikit masyarakat mengenali gejalanya.

Diabetes kering menjadi tahapan awal dari diabetes golongan 2 dimana insulin di dalam tubuh penderita sudah kebal terhadap gula darah atau insulin sudah mengalami kerusakan. Gejalan Diabetes Kering seringkali tidak disadari oleh penderitanya dan terkadang mengakibatkan kejadian fatal. Banyak pengobatan tradisional hingga suntik insulin menjadi jalan keluar. Lalu apa saja Gejala Diabetes Kering ini? Berikut ulasannya.

Berikut ini Gejala Diabetes Kering:

1. Rasa lapar yang meningkat
Hal tersebut bisa terjadi karena glukosa dalam darah terbuang secara terus menerus tanpa disalurkan ke seluruh sel dalam tubuh. Gejala Diabetes Kering yang satu ini seringkali muncul karena salah pola makan atau akibat stress.

2. Rasa haus meningkat dan Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Rasa haus dan frekuensi buang air kecil semakin meningkat dikarenakan pembuangan glukosa dan air ke dalam urin secara terus-menerus tidak melalui proses penyaringan secara normal.

3. Mulut Menjadi Kering
Gejala Diabetes Kering yang satu ini terjadi akibat buntut dari rasa haus meningkat sehingga memacu penderita untuk minum air lebih sering namun rasa haus masih terasa hingga membuat mulut menjadi kering. Jika sudah menandakan gejala tersebut segera kunjungi dokter untuk memeriksakan kadar gula darah Anda.

4. Pegal Otot
Kejadian pegal otot juga diakibatkan faktor dehidrasi yang membuat otot tidak mendapatkan nutrisi. Pada Gejala Diabetes Kering ini seringkali penderita hanya menganggap sebagai pegal biasa saja padahal itu menjadi sebuah pertanda dari diabetes kering.

5. Nafas Berbau Buah
Kenapa nafas bisa berbau buah? Hal tersebut dikarenakan adanya pembentukan keton yang berupa zat berbau buah-buahan sebagai hasil proses pembakaran lemak dengan aseton sebagai sumber energi.

6. Pengelihatan Menjadi Kabur
Seringkali Gejala Diabetes Kering satu ini terjadi secara mendadak dimana pengelihatan menjadi kabur atau buram karena kadar gula darah tinggi membuat perubahan pada lensa mata.

7. Sakit Kepala
Jangan meremehkan setiap kejadian sakit kepala bisa-bisa itu menjadi awal Gejala Diabetes Kering. Rasa sakit di kepala diakibatkan gula darah, pengelihatan kabur, dan tekanan darah tinggi.

8. Berat Badan Turun Drastis
Akibat kurang asupan nutrisi pada sel, dehidrasi, dan pembakaran lemak secara terus menerus berat badan bisa menurun secara cepat. Pada ciri-ciri ini biasanya terjadi penyakit lain seperti gangguan pada persendian atau asam urat dan sering terjadi migren atau vertigo.

9. Rasa Gatal
Rasa gatal di tubuh bisa diakibatkan kadar gula darah yang tinggi.
Itulah tadi beberapa Gejala Diabetes Kering, setidaknya untuk mencegah terjadinya diabetes kering Anda harus memulai hidup sehat dan perhatikan kadar gula darah.

Baca juga artikel kesehatan: 4 Pola Hidup Sehat Yang Dapat Mencegah Diabetes

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa gaya hidup yang salah menjadi pemicu paling besar daripada faktor keturunan. Jadi tunggu apalagi ubah gaya hidup Anda karena hidup sehat itu nikmat. Semoga informasi di atas memberikan manfaat bagi Anda.

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa, silakan tulis komentar Anda!